logo blog

Robot Buatan Badan Antariksa China Merana di Bulan

TRENZT - Robot yang bernama Yutu atau Jade rabbit ini sudah berada di Bulan sejak Desember 2013 lalu. Robot ini buatan badan antariksa China yang sebelumnya mengalami kendala karena suhu dingin di bulan yang mengganggu kerja mesin.

Robot Buatan Badan Antariksa China Merana di Bulan

Yutu buatan China ini telah bagun dari mati suri selama dua pekan. Robot mengalami masalah pada kontrol mekanik yang telah diketahui sejak akhir Januari 2014.

"Masalah kontrol yang mengganggu Yutu sejak Januari (masih berlangsung)," ungkap kantor berita Xinhua. Masalah muncul karena robot tidak dapat menjalankan panel surya sebagai generator energi.

Robot juga tidak dapat mengaktifkan enam roda dan bergerak di permukaan Bulan. Dengan kata lain, meskipun robot sudah berada di permukaan Bulan, robot ini tidak bisa bergerak sama sekali karena gangguan pada panel surya penghasil energi Yutu.

Akan tetapi, kamera, radar dan instrumen sains lainnya serta peralatan pada robot tersebut masih dapat beroperasi normal.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Komentar harus sesuai dengan topik artikel.

- Komentar yang Relevan Sesuai Topik Pembahasan
- Dilarang SPAM, Menghina dan Melecehkan (SARA), Berkomentar dengan LINK aktif
- Dilarang PROMISI di Komentar
- Komentar yang tidak sesuai akan diHAPUS

by TRENZT.com

Copyright © 2014. TRENZT.com - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Redesign by OpenKerja.com powered by Blogger